Kamis, 04 Desember 2014

Samudera Atlantik


Samudera Atlantik

ayomelu.com | mengajak anda lagi untuk mempelajari seputar Samudera Atlantik yang indah dan menyenangkan untuk disimak. Konon Luas Samudera Atlantik mencapai + 82.217.000 km2 dengan kedalaman rata-rata 3.350 m. Samudera Atlantik ini terletak di antara Benua Eropa, Afrika dan Amerika. Sehingga berperan sebagai jalur lalu lintas penghubung antara dunia lama dengan dunia baru dengan karakteristik sebagai berikut.

Berikut ini seputar Samudera Atlantik:

  1. Samudra Atlantik terletak di daerah bujur Barat.
  2. Samudra Atlantik memiliki kawasan yang diyakini sebagai pusat medan magnet bumi, yaitu di kawasan Segitiga Bermuda di Perairan Karibia (Amerika Tengah).
  3. Di Samudra Atlantik terdapat deretan punggung laut terpanjang di dunia, memanjang dari Utara (Samudra Arktik) ke Selatan sepanjang Samudra Atlantik dan ke Timur menuju Samudra Hindia.
  4. Di Samudra Atlantik terdapat pertemuan arus dingin dari Perairan Greenland dan arus panas dari Teluk Meksiko di Perairan Labrador.
  5. Di Samudra Atlantik terdapat beberapa palung laut, seperti Palung Puerto Rico (9.220 m), Palung South Sandwich (8.264 m), Palung Romance (7.856 m), dan Palung Caynon (7.500 m).

0 komentar:

Posting Komentar